BINCANG ONLINE SERU SEPUTAR PERAN ANAK MUDA DIMASA PANDEMI LEWAT WEBINAR FISIP USNI


Belajar pada dasarnya merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan belajar manusia dapat meningkatkan daya saing sehingga tetap eksis  dalam menghadapi segala bentuk perubahan. Di era pandemi saat ini, belajar mendapatkan tantangan baru. Pemanfaatan teknologi informatika dan telekomunikasi menjadi solusi agar setiap orang dapat terus belajar meskipun secara online.

source: instagram/kampus_usni

Seperti halnya pula dengan seminar, kini dapat dilakukan secara online melalui live streaming youtube, zoom meeting hingga radio online. Seperti halnya yang dilaksanakan oleh FISIP Universitas Satya Negara Indonesia. Pada Selasa, 16 Juni 2020 melaksanakan webinar yang mengangkat judul "Peran Anak Muda Di Tengah New Normal Covid-19".
Acara ini mengundang beberapa narasumber diantaranya Intan Rahmawati yaitu seorang selebritis instagram (Selebgam), Kheni Raihan sebagai youtuber, Ahmad Budiman Sudarsono yang merupakan seorang enterpreneur muda dan juga podcaster Bayu Putra.  

“Dengan dibukanya new normal sedikit ada perubahan, dari platform digital sperti gojek, grab justru mengalami signifikan penjualan. Bukan hanya dua kali lipat tetapi justru bisa jadi lima kali lipat. Yang biasanya mungkin hanya lima orang sekarang 5x4 bisa sampe 20 orang, itu sangat luar biasa” Ujar Achmad Budiman selaku Entrepreneur muda melalui sambungan aplikasi zoom, Selasa (16/6).

Memang dengan adanya pandemi ini sangat menampar keras ekonomi di hamper seluruh profesi. Namun melalui sosial media, salah satunya Instagram, influencer atau selebgram Intan Rahmawati masih tetap dapat eksis meskipun penghasilannya sedikit berkurang dari biasanya.

“Tantangan di masa transisi ini, aku harus memiliki konsep ataupun konten yang menarik. Menyesuaikan situasi yang lagi trend dan viral. Jadi harus kreatif untuk menarik banyak orang. Manajemen memberi tips, apa yang sedang viral, trend.” Ungkap Intan Rahmawati yang berprofesi sebagai elebgram melalui melalui sambungan aplikasi zoom, Selasa (16/6).

Kemudian dari sisi pengusaha atau wiraswasta, Ahmad Budiman yang telah lama berkecimpung didunia bisnis mengungkapkan bahwa Ketika ingin membuka usaha yang terpenting ialah harus memiliki rasa percaya diri, kemudian rasa keinginan, konsep usaha yang ingin kita bangun, bisa menciptakan produk sendiri dan jangan mengeluh. Karena dengan mengeluh usaha yang dibangun akan semakin menurun bukan meningkat.

Sedangkan dari podcaster Bayu Putra, yang sebagian besar isi konten podcastnya membicarakan tentang kehidupan sosial. Pada era pandemi Covid-19, Bayu melakukan kegiatan ngamen online bersama teman-temanya pada saat bulan Puasa. lalu kemudian hasil dari ngamen online didonasikan untuk garda depan pejuang covid-19.

"Kegiatan yang saya lakukan adalah ngamen digital. Dimana hasil donasinya itu didonasikan garda depan. Kegiatan ini dilakukan selama bulan puasa” ujar Bayu Putra, Podcaster.

Melalui seminar online ini diharapkan seluruh anak muda terutama mahsiswa dapat lebih memanfaatkan peluang yang ada, walaupun ditengah kondisi sulit dimasa pandemic ini.


Rana Muthighaida
0501703503125094


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGHASILAN KARYAWAN PARUH WAKTU DI INDUSTRI KULINER LUMPUH AKIBAT PSBB

PSBB di DKI Jakarta, Lebih Banyak Untung atau Ruginya?

BERSEPEDA JADI OPSI REKREASI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19